Hukum Keputihan Bagi Wanita

Sumber: FIQIH 'AQIDAH

Hukum Keputihan Bagi Wanita

SOAL :

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kebanyakan wanita pernah mengalami keputihan. Keputihan adalah —cairan atau lendir yang keluar dari kemaluan. Lendir yang normal biasanya berwarna bening hingga keputih-putihan dan tidak berbau. Jika ada perubahan warna dan kekentalan, yakni jumlah lendir berlebihan dan berbau tajam, maka lendir tersebut dikategorikan tidak normal. 

Penyebab keputihan beragam. Di antaranya adalah disebabkan karena kurang menjaga kebersihan kemaluan dengan baik.
Yang sering menjadi pertanyaan adalah: "apakah keputihan dan lendir ini dihukumi  najis dan apakah membatalkan wudhu jika keluar?"

JAWAB:

Wa'alaikumussalamu warahmatullahi wabarakatuh

Secara medis keputihan disebut dengan “flour Albus” yaitu semacam cairan yang keluar dari vagina wanita. Keputihan ini ada dua jenis :

1. Normal (fisiologis) yaitu keluar  menjelang menstruasi atau sesudah menstruasi ataupun masa subur, 

2. Keputihan penyakit (patologis) yang disebabkan oleh infeksi (bakteri, virus atau jamur) disertai dengan rasa gatal di dalam vagina dan di sekitar bibir vagina.

Ulama dahulu membahas istilah “ruthubah” (رطوبة) yaitu lendir yang keluar dari kemaluan wanita dan sekarang dikenal istilah “ifrazat” (إفرازات) yaitu keputihan. 

Para ulama menjelaskan hukum ifrazat/keputihan ini sebagaimana hukum ruthubah/lendir yang keluar dari kemaluan wanita.

Terdapat perbedaan pendapat ulama terkait pembahasan hal ini. Keputihan ada tiga kondisi:

1.  Keputihan yang keluar dari zhahir farji (tempat yang wajib cuci sesudah buang air kecil), keputihan ini hukumnya suci.

2. Keputihan yang keluar dari belakang bathin farji (tempat yang tidak sampai dzakar saat berjima' dengan suami dan tidak wajib cuci sesudah buang air kecil), keputihan ini hukumnya najis.

3. Keputihan yang keluar dari bathin farji (tempat yang tidak wajib cuci sesudah buang air kecil, tetapi sampai dzakar ketempat ini saat berjima' dengan suami) keputihan ini terjadi khilaf ulama, sebagian mengatakan suci dan sebagian mengatakan najis, sedangkan pendapat yang kuat mengatakan suci.

Syekh al-Kurdi mengatakan keputihan yang keluar dari bathin farji itu bernajis, sama seperti pendapat dalam kitab syarah al-‘ubab. 

I'anatut thalibin. Juz. 1/ Hal. 104 Cet Dar al-Fikr

وحاصل ما ذكره الشارح فيها أنها ثلاثة أقسام: طاهرة قطعا، وهي ما تخرج مما يجب غسله في الاستنجاء، وهو ما يظهر عند جلوسها ونجسة قطعا، وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج، وهو ما لا يصله ذكر المجامع. وطاهرة على الأصح، وهي ما تخرج مما لا يجب غسله ويصله ذكر المجامع. وهذا التفصيل هو ملخص ما في التحفة.

وقال العلامة الكردي: أطلق في شرحي الإرشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن، وفي شرح العباب بعد كلام طويل. والحاصل أن الأوجه ما دل عليه كلام المجموع: أنها متى خرجت مما لا يجب غسله كانت نجسة

Imam nawawi menyatatan Cairan keputihan farji hukumnya najis apabila dari tempat najis. Sebagian Ashab syafii menyatakan suci. 

Kenajisan tersebut di paparkan dalam kitab attanbih. di rojihkan oleh iman al-bandanijiy Sedangkan al-baghowi ar-rafii dan lainnya menyatakan suci ini kualitasnya ashoh. 

Al-mawardi dlm kitab al-hawi menyatan suci nas dari imam syafii

قال المصنف رحمه الله تعالى : ( أما رطوبة فرج المرأة فالمنصوص أنها نجسة ; لأنها رطوبة متولدة في محل النجاسة فكانت نجسة ، ومن أصحابنا من قال : هي طاهرة كسائر رطوبات البدن ) . 

( الشرح ) : رطوبة الفرج ماء أبيض متردد بين المذي والعرق ، فلهذا اختلف فيها ثم إن المصنف رحمه الله رجح هنا وفي التنبيه النجاسة ، ورجحه [ ص: 589 ] أيضا البندنيجي وقال البغوي والرافعي وغيرهما : الأصح : الطهارة ، وقال صاحب الحاوي في باب ما يوجب الغسل : نص الشافعي رحمه الله في بعض كتبه على طهارة رطوبة الفرج ، وحكي التنجيس عن ابن سريج فحصل في المسألة قولان منصوصان للشافعي ، أحدهما ما نقله المصنف ، والآخر نقله صاحب الحاوي ، والأصح طهارتهما . ويستدل للنجاسة أيضا بحديث زيد بن خالد رضي الله عنه أنه سأل عثمان بن عفان رضي الله عنه قال : { أرأيت إذا جامع الرجل امرأته ولم يمن ؟ قال عثمان : يتوضأ كما يتوضأ للصلاة ويغسل ذكره ، قال عثمان : سمعته من رسول الله صلى الله عليه وسلم } رواه البخاري ومسلم ، زاد البخاري فسأل علي بن أبي طالب والزبير بن العوام وطلحة بن عبيد الله وأبي بن كعب فأمروه بذلك . 

وعن أبي بن كعب رضي الله عنه أنه قال : { يا رسول الله إذا جامع الرجل المرأة فلم ينزل ؟ قال : يغسل ما مس المرأة منه ثم يتوضأ ويصلي } رواه البخاري ومسلم ، وهذان الحديثان في جواز الصلاة بالوضوء بلا غسل منسوخان كما سبق في باب ما يوجب الغسل . 

وأما الأمر بغسل الذكر وما أصابه منها فثابت غير منسوخ وهو ظاهر في الحكم بنجاسة رطوبة الفرج ، والقائل الآخر بحمله على الاستحباب لكن مطلق الأمر للوجوب عند جمهور الفقهاء والله أعلم . 

وقول المصنف : رطوبة فرج المرأة فيه نقص ، والأحسن رطوبة الفرج ، فإنه لا فرق بين رطوبة فرج المرأة وغيرها من الحيوان الطاهر كما سبق ، والله أعلم 

Hukum keputihan ditafsil sebagai berikut:

– Bila keluar dari balik farji (anggota farji yang tidak terjangkau penis ketika menjalani senggama) hukumnya najis dan membatalkan wudhu berdasarkan kesepakatan Ulama (tidak ada Ulama yang berselisih pendapat) sebab keluarnya dari dalam tubuh

–Bila keluar dari anggota farji yang tidak wajib dibasuh saat istinja' dan terjangkau penis saat menjalani senggama hukumnya suci menurut sebagian Ulama dan ini adalah qoul ashoh (paling shahih), Pendapat ini adalah pendapat Imam Ibnu Hajar Al-Haitami. Sedangkan menurut Ima ar-Romli dan Imam Al-Khothib as-Syarbini hukumnya najis. Hanya saja, menurut Imam Romli najisnya dimaafkan dan tidak menyebabkan kemaluan suami menjadi najis saat menjalani senggama. Meskipun Khilaf status najis dan tidaknya pada ketentuan ini tetapi para Ulama sepakat ia membatalkan wudhu.

– Bila keluar dari luar farji (anggota farji yang terlihat jika jongkok) maka hukumnya suci dan tidak membatalkan wudhu berdasarkan kesepakatan Ulama (tidak ada ulama yang berselisih pendapat).

–Bila seorang wanita ragu cairan tersebut keluar dari dalam farji atau tidak atau ragu apakah membatalkan wudhu atau tidak? Maka dihukumi suci dan tidak membatalkan wudhu.

Pendiri Madzhab Hanabilah (Imam Ahmad Ibn Hanbal) suatu ketika bertanya kepada Imam As-Syafi'i (pendiri madzhab Syafi'iyyah) "'Apakah keputihan yang datang setelah Haid atau Nifas itu najis?''. Imam Syafi'i r.a. menjawab: ''(Keputihan) itu adalah sesuatu yang mengikuti darah haid, apa bila seorang wanita melihatnya, maka keputihan itu adalah suci (baca: tidak najis)''.

Namun, bila cairan tersebut keluar terus-menerus maka berlaku hukum seperti orang istihadhah dan cairan tersebut tidak dikategorikan haid. Oleh karena itu, orang yang mengalami keputihan tidak dicegah melakukan kewajiban-kewajiban sebagaimana wanita lain. Namun, bila ia dihukumi najis maka ketika mau melakukan kewajiban seperti shalat maka orang yang mengalami keputihan harus membersihkan cairan tersebut terlebih dahulu.

(قوله رطوبة فرج)معطوف على بلغم.أي فهي طاهرة أيضا,سواء خرجت من آدمي أو من حيوان طاهر غيره.(قوله:على الأصح)مقابله أنها نجاسة.(قوله:وهي)أي رطوبة الفرج الطاهرة على الأصح.(قوله:متردد بين المذي ووالعرق)أي ليس مذيا محضا ولا عرقا كذالك.(قوله:الذي لايجب غسله)خالف فى ذالك الجمال الرملي,وقال:إنها إن خرجت من محل لايجب غسله فهي نجسة,لأنها حينئذ رطوبة جوفية.وحاصل ما ذكره الشارح فيها أنها ثلاثة أقسام:طاهرة قطعا,وهي ما تخرج مما يجب غسله فى الإستنجاء,وهو ما يظهر عند جلوسها.ونجسة قطعا,وهي ما تخرج من وراء باطن الفرج,وهو ما لايصله ذكر المجامع.وطاهرة على الأصح,وهي ما تخرج مما لايجب غسله ويصله ذكر المجامع.وهذا التفصيل هو ملخض ما فى التحفة.وقل العلامة الكردي :أطلق فى شرحي الإرشاد نجاسة ما تحقق خروجه من الباطن,وفى شرح العباب بعد كلام طويل.والحاصل أن الأوجه مادل عليه كلام المجموع.أنها متى خرجت مما لايجب غسله كانت نجسة.

I'aanah at-Thoolibiin I/106

قوله ورطوبة فرج) هي ماء أبيض متردد بين المذي والعرق ومحل ذلك إذا خرجت من محل يجب غسله، فإن خرجت من محل لا يجب غسله فهي نجسة؛ لأنها رطوبة جوفية وهي إذا خرجت إلى الظاهر يحكم بنجاستها وإذا لاقاها شيء من الطاهر تنجس وحينئذ يشكل قولهم بعدم تنجيس ذكر المجامع مع أنه يجاوز في الدخول ما يجب غسله إلا أن يقال عفي عن ذلك كما عفي عن الولد الخارج من الباطن

Hasyiyah al-Jamal ala al-Manhaj I/179

ومما ينقض الوضوء خروج رطوبة الفرج إذا وصلت إلى حد الظاهر منه, وهو ما يجب غسله في الاستنجاء والغسل من نحو الجنابة, ورطوبة الفرج هي : ماء أبيض متردد بين المذي والعرق, وتنقسم إلى ثلاثة أقسام:

الأول : طاهرة قطعاً. وهي التي تخرج مما يظهر من فرج المرأة عند جلوسها, وهو ما يجب غسله في الاستنجاء, وهي إن خرجت من هذا المحل لا تنقض الوضوء.

الثاني : نجسة قطعاً وتنقض الوضوء. وهي الرطوبة الخارجة من وراء باطن الفر, وهو الذي لا يصله ذكر المجامع.

الثالث : طاهرة على الأصح, ولكنها ناقضة للوضوء, وهي ما تخرج من باطن الفرج الذي يصله ذكر المجامع, وأما القصة البيضاء التي تخرج لبيان طهر الحائض و النفساء فهي ناقضة للوضوء, وهل هي طاهرة أو نجسة؟ ترددوا فيها وقالوا بعد كلام طويل إن خرجت من باطن الفرج أو أنها نحو دم فنجسة وإلا فطاهرة. وقال الإمام أحمد – رحمه الله تعالى - : سألت الإمام الشافعي – رحمه الله تعالى - عن القصة البيضاء, فقال: هو شيء يتبع دم الحيض فإذا رأته فهو طاهر. اهـ

Ghooyah al-Muna Syarh Safiinah an-Najaa Hal. 182-183

(فائدة مهمة) : يخرج من فرج المرأة في الأحوال العادية في الطهر سائل أبيض أو أصفر(*) يسمى عند الفقهاء برطوبة المرأة, ولها ثلاث أحوال :

أن تخرج مما يجب غسله في الاستنجاء – وهو ما ظهر عند جلوسها على قدميها- فهذه طاهرة قطعاً.

أن نخرج مما لا يجب غسله ويصله ذكر المجامع, فاعتمد الشيخ ابن حجر الهيتمي في تحفته أنها طاهرة, واعتمد الشيخ محمد الرملي والشيخ الخطيب الشربيني : أنها نجسة, لأنها رطوبة جوفي

أن تخرج من وراء باطن الفرج – وهو ما لا يصله ذكر المجامع – فهي نجسة قطعاً.اهـ

Izaalah al-Iltibas Hal. 20-21

__________________________

Status Wudhunya Wanita Yang Mengalami Keputihan.

Cairan putih sebab keputihan hukumnya najis, karena keluar dari dalam farji. Untuk masalah shalat bagi wanita yang menderita keputihan, apabila cairan itu keluar terus menerus seperti orang beser, maka berlaku hukum seperti orang yang beser.

Cara yang harus dilakukan adalah dengan mensucikan kemaluan/farji, setelah itu disumbat dengan pembalut atau kapas. Barulah kemudian berwudlu dengan menyegerakan shalat. Penderita keputihan dan orang yang beser tidak boleh menunda-nunda shalat setelah berwudlu, kecuali untuk kemaslahatan shalat seperti menjawab adzan atau menunggu jamaah. Dasar Pengambilan :

Hasyiyah Jamal II hal. 149 :

( قَوْلُهُ وَرُطُوبَةٍ فَرْجٍ ) هِيَ مَاءٌ أَبْيَضُ مُتَرَدِّدٌ بَيْنَ الْمَذْيِ وَالْعَرَقِ وَمَحِلُّ ذَلِكَ إذَا خَرَجَتْ مِنْ مَحَلٍّ يَجِبُ غَسْلُهُ ، فَإِنْ خَرَجَتْ مِنْ مَحِلٍّ لَا يَجِبُ غَسْلُهُ فَهِيَ نَجِسَةٌ ؛ لِأَنَّهَا رُطُوبَةٌ جَوْفِيَّةٌ وَهِيَ إذَا خَرَجَتْ إلَى الظَّاهِرِ يُحْكَمُ بِنَجَاسَتِهَا وَإِذَا لَاقَاهَا شَيْءٌ مِنْ الطَّاهِرِ تَنَجَّسَ

(pernyataan cairan dalam kemaluan) yaitu cairan putih yang ambigu antara madzi dan keringat. Titik tekan masalah ini, yaitu ketika cairan itu keluar dari tempatnya yang wajib membersihkannya. Apabila cairan itu keluar dari tempat yang tidak wajib dibersihkan maka dihukumi najis, karena hal itu merupakan cairan dari dalam. Apabila cairan itu keluar dari anggota dzahir, maka dihukumi najis. Apabila sesuatu yang suci bersentuhan dengannya maka menjadi mutanajis.

Wallahu A'lamu Bis Showaab.

Penanggung jawab:

 @ummi/ امي دندازهيرة

Perumus dan mujawwib:   
@Ust khosiyanto spdi 
@ust Aby Abd Hady 
@Ustadz M . Hasyiem Ritonga spd  
@Ustad عاشق العلماء,  
@ustd Ishadi 
dan Tim Admin yg lainnya.

Komentar

POPULAR POST

33 KATA MUTIARA TERBAIK UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DAN 'IDUL FITRI 1441 H / 2020 M

SEDIKIT WAKTU BERPIJAK DI DUNIA FANA

Hukum Membaca Al-Qur'an, Sholawat, Do'a Disaat Haidh Dan Junub

PENTINGNYA MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK USIA DINI

Ungkapan Nasihat Berharga Untuk Putra - Putri Tersayang

Menyorot Sebuah Peristiwa Dibalik Lensa Kacamata Agama

Belajarlah dari Kehidupan, Bergurulah pada Pengalaman

Sepucuk Surat Dari Istri Untuk Para Suami

Dosa Yang Terus Mengalir Sampai Mati

WASALLAM atau WASALLIM